Struktur atau kerangka Bahasa C

Assalaamu` Alaikum



Struktur Bahasa C

  

Struktur Bahasa C


1. Header


    Atau bisa kita sebut inilah permulaan sebuah project. jadi sebelum kita menuliskan coding hal yang harus kita perhatikan terlebih dahulu ialah bagian ini. karena jenis header ini mempengaruhi isi perintah yang bisa dimuat dalam project nantinya. Coba kita bayangkan kalau sebenarnya kita telah susah payah coding namun ternyata jenis header yang kita masukkan dalam project tidak sesuai dengan program yang digunakan ( misalnya antara c dan c ++ ) maka semuanya akan sia - sia sebelum kita membenahinya. contohnya adalah #include <stdio.h> dan sebagainya.
   Setiap header diawali dengan kata #include kemudian diikuti dengan <.......> ini berguna untuk mengisi dengan library sesuai yang akan kita gunakan dan harus sesuai dengan program yang sedang kita gunakan untuk coding saat itu.

2. Fungsi Utama (main)

      Dalam memulai menulis sebuah code dalam membuat sebuah program yang wajib kita tulis terlebih dahulu ialah fungsi utama dari program tersebut dan dalam bahasa ini fungsi tersebut ialah fungsi main(). Pada saat eksekusi fungsi inilah yang akan dipanggil terlebih dahulu, karena selain berada di awal fungsi ini juga merupakan kunci untuk menjalankan program saat setelah kita selesai coding.  
     Fungsi main terdiri dari 2 ( dua ) fungsi utama, antara lain :
  1. Fungsi Utama dengan Pengembalian
         yaitu fungsi yang akan kembali ke sistem awal operasinya. Kita dapat menjalankan fungsi ini dengan cara menuliskan kata void sebelum main, contohnya sebagai berikut :

             #include <stdio.h>
             void main(void)
            {
              printf("Mari Belajar Bahasa C");
             }

         dengan catatan void didalam kurung bisa kita tulis bisa tidak. karena yang terpenting atau intinya itu berada pada main itu sendiri.

      2. Fungsi Utama tanpa pengembalian


      Dengan cara kita menuliskan kata return 0 setelah kita menuliskan deklarasi fungsi ( instruksi yang kita tujukan pada sistem ). contohnya sebagai berikut :

           #include <stdio.h>
           int main(void)
           {
            printf(" Mari Belajar Coding Bahasa C");
            return 0;
           }


         juga dengan catatan void didalam kurung bisa kita tulis bisa tidak. karena yang terpenting atau intinya itu berada pada main itu sendiri. jadi boleh - boleh saja dan wajar wajar saja jika kita menuliskan int main() atau void main() itu sama saja. sama - sama dapat dibaca oleh program c.

3. Deklarasi Variabel


     Ini berisi perintah - perintah atau instruksi yang mencakup variabel - variabel yang ada dan masuk dalam pemrograman c. Sedangkan variabel - variabel itu sendiri mempunyai keunikan dan ciri khas masing - masing mencakup ukuran, tipe, nilai yang disimpan dan format penulisannya.
    Singkatnya dalam proses membuat sebuah program kita harus menjelaskan bagaimana saja kinerja program yang kita buat agar program bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang kita harapkan. strukturnya sebagai berikut :


tipe_data_keluaran nama_fungsi (tipe_data_1 nama_variabel_1,...,
            tipe_data_n nama_variabe_n){
    Proses
    return variabel_keluaran
}

4. Fungsi


    Fungsi adalah sup-program yang menerima data masukan atau parameter inputan, kemudian melakukan beberapa proses, dan dilanjut dengan mengembalikan nilai hasil proses yang akan digunakan oleh proses yang memanggil fungsi tersebut.
     Jika kita melihat struktur penulisan fungsi, strukturnya hampir sama atau bahkan sama persis dengan program utama. Pada dasarnya, pemrograman menggunakan bahasa C adalah pemrograman dengan struktur fungsi, dimana setiap kode program yang dituliskan harus dalam bentuk fungsi, tak terkecuali program utama. Program utama merupakan suatu fungsi dengan nama main() yang tidak memiliki nilai kembali atau nilai kembalinya adalah kosong (0). Oleh karena itu, kita juga dapat menuliskan program utama mengguanakan void main() atau dengan int main(), dengan return value-nya 0. beberapa fungsi yang sering digunakan sebagai berikut :
  1. printf()
  2. scanf()
  3. gets()
  4. getchar()
  5. kombinasi getch() dan getche()
  6. fungsi pengulangan atau looping
  7. dan masih ada fungsi yang lainnya
     Sekian dari saya, apabila saya salah kata dan salah penafsiran sehingga bukannya faham tapi malah semakin membingungkan. terima kasih.

Wassalaamu` Alaikum

Comments

Popular posts from this blog

Fungsi gets(), getchar(), getch() dan getche() bahasa C

Printf dan Scanf beserta contohnya

Program menghitung luas segitiga bahasa c